The Power of Belonging

That is part of the beauty of all literature. You discover that your longings are universal longings, that you’re not lonely and isolated from anyone. You belong!! (F. Scott Fitzgerald) 

09052009111

Apakah kamu sempat berpikir bahwa kamu bisa menyelesaikan semua urusan sendirian? Dulu aku juga berfikir begitu. Sekarang, aku baru sadar bahwa itu adalah tanda-tanda orang yang kesepian. Karena orang yang merasa punya teman, tidak pernah melupakan proses yang mereka lalui bersama teman-teman saat mencapai sebuah tujuan apapun.

Menurut Malcolm Gladwell, orang-orang tidak bangkit dari nol. Kita berutang pada orang tua dan dukungan orang lain. Sepintas memang orang-orang sukses itu terlihat kuat mencapai kesuksesan berawal dari titik terendah, sendirian. Kita semua tahu bahwa tanaman yang bagus berasal dari bibit yang unggul. Akan tetapi, kita mungkin tidak cukup tahu tentang sinar matahari yang menghangatkan mereka, tanah yang menjadi tempat tinggal mereka, dan predator yang mengganggu pertumbuhan mereka.

Memandang kesuksesan orang lain itu ibarat memandang gunung dari kejauhan. Indah. Namun, saat kamu berjalan di gunung itu, barulah terasa bahwa banyak ilalang yang dapat melukai kulitmu.

Tahukah kamu, bagaimana orang-orang sukses itu melewati ilalang-ilalang itu?

The Power of Belonging. Lingkungan akan memberi pengaruh.

Belonging adalah kebutuhan dasar manusia. Opa Maslow menempatkan needs of belonging ini di lantai tiga piramidanya. Itu artinya, seseorang akan sulit mencapai aktualisasi dirinya jika masih merasa sendiri dalam hidupnya. Masih mau merasa kesepian?

Aku mengakui bahwa mengubah keadaan itu tidak semudah mengubah wajah pake kamera 360. Aku tidak menyarankan sebuah perubahan yang kilat tanpa proses. Hidup tidak semestinya hanya untuk dilewati, namun bagaimana kita memaknai proses perubahannya.

Terkadang, rasa kesepian ini muncul ketika seseorang berada jauh dari lingkungan sosial. Namun, terkadang hal ini juga sering mendera orang-orang yang sedang berada di lingkungan sosialnya. Jika aku boleh menyimpulkan, rasa kesepian adalah milik orang-orang yang sedang lupa. Mereka lupa bahwa mereka masih punya banyak teman. Mereka lupa bahwa mereka adalah anak dari Ayah Bunda yang baik. Bahkan, mungkin mereka sedang lupa bahwa mereka adalah ciptaan Tuhan.

Kenapa begitu?

Jika mereka ingat, mereka pasti akan bilang, “I belong to them, so I am not lonely!“. Separah apapun orang-orang mengucilkanmu, pasti masih ada orang-orang yang baik. Percayalah, bahwa Tuhan selalu bersama hamba-hamba yang mengingatnya.

Semua orang ingin menjadi bagian dari orang yang lainnya. Semua orang perlu teman. Matahari yang garang saja mungkin tidak akan percaya diri tanpa planet-planet yang mengitarinya. Soalnya, buat apa punya kekuatan super kalau tidak ada yang memanfaatkannya.

Simbiosis mutualisme!!! Kamu akan mudah diterima di kelompok manapun ketika kamu punya sesuatu yang baik menurut mereka. Kamu tentunya tidak mau berteman dengan orang yang akan menjerumuskan kamu pada hal yang tidak baik, bukan? Begitu pula dengan orang lain. Jadi, mulailah membiasakan diri untuk menjadi pribadi yang layak diterima. Berusahalah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang kamu anggap baik.

The Power of Belonging adalah kekuatan super yang mampu mendorong kesuksesan kamu.

Sambutlah dirimu yang baru! Kesuksesan akan hadir pada jiwa yang meyakini sebuah kekuatan hubungan sosial.

By. Riri Armen

Advertisements

2 thoughts on “The Power of Belonging

  1. Tulisan yang sangat menarik. Memberikan perspektif yang lebih lengkap tentang bagaimana kita memandang kesuksesan, orang-orang sukses dan perjalanan hidup yang ditempuh untuk mencapai kesuksesan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s