Single To Be Mingle

Manusia itu ibarat sebuah kepingan puzzle yang sedang mencari pasangannya di dunia. Puzzle tidak sembarangan “nempel” pada kepingan yang lain. Ia akan menempatkan diri di dekat kepingan lain untuk membentuk sebuah formasi visual yang lebih indah…

Meskipun mangga-mangga itu berasal dari pohon yang sama, rasa dan ukurannya tidak mungkin sama. Tuhan telah mengajarkan teori diversivikasi sebelum para ahli ekonomi menelitinya. Terang akan membuat gelap menjadi bercahaya. Kamu tidak akan pernah disebut hebat tanpa ada pihak yang lemah. Kamu akan mengerti bahagia setelah kamu merasakan getirnya sebuah masalah. Menghargai perbedaan adalah jalan untuk saling menghebatkan.

BeFunky_DSC_0623

Seperti yang pernah diungkapkan oleh Christopher Colombus berabad-abad silam, bumi ini bentuknya bulat. Kamu tidak akan pernah menemukan sudutnya. Bumi akan terus berotasi meskipun kamu tidak merasakannya. Nah, petiklah banyak manfaat dari peristiwa yang dikisahkan oleh perputaran bumi ini. Perjalanan bukanlah sekedar kelelahan, melainkan nikmat Tuhan agar manusia mengerti makna hidup dan kehidupan.

Seseorang pernah berkata,

Hey anak muda! Jadilah seperti awan yang bergerak bebas menaungi bumi. Bukan seperti minyak yang sombong menutupi permukaan air, namun terombang-ambing oleh riaknya. Anak muda yang sukses selalu berada di atas perasaannya. Sedih bukan alasan untuk mengeluh. Bahagia bukan alasan untuk menyombongkan diri.

Single to be Mingle. Manusia butuh teman. Menjadi pribadi yang mampu bercampur dengan pribadi yang lain bukanlah perkara yang mudah. Memang tidak akan pernah ada teori yang membahas tentang perasaan. Namun, manusia dapat belajar tentang teori kepantasan, yaitu berusaha menjadi seseorang yang mampu mencocokkan dirinya. Karena besarnya personal value tergantung pada nilai manfaat kita bagi orang lain.

Sesuatu akan bernilai saat ia memiliki manfaat. Dan nilainya akan semakin tinggi saat ia ditempatkan pada tempatnya. Sederhananya, pikirkanlah mana yang lebih berharga antara baskom plastik dengan piring emas. Harga piring emas tidaklah kalah dengan baskom plastik. Akan tetapi, aku yakin bahwa kamu akan cenderung memilih baskom plastik untuk menampung air yang lebih banyak. Demikian juga dengan piring emas, ia akan tampak semakin berharga bila disimpan dalam lemari kaca.

Bagaimana dengan orang-orang yang belum bisa menghargai dirinya? Padahal membangun personal value merupakan kewenangan masing-masing individu terhadap dirinya. Bagaimana kita memperlakukan diri kita mencerminkan bagaimana kita ingin dipandang oleh orang lain. See?

Terkadang orang-orang menyalahkan masalalu yang menghancurkan jati dirinya…

Orang yang masih terkungkung dengan getir masalalu ibarat seekor katak yang sedang bersembunyi di balik tempurung. Setiap menengadah hanya ada langit kelam. Jika mereka sedikit mengerti tentang cara berlari, dibalik terpurung itu sedang terpancar cahaya yang sangat terang…

Dan, mungkin ada diantara mereka yang menyalahkan silsilah keluarga, atau orang lain yang mempengaruhi kehancuran pribadinya…

Oh my God!!! Rumit sekali pandangan mereka. Tidak ada yang patut disalahi selain pihak yang paling bersalah, yaitu dirinya sendiri.

Jika kamu ingin tampil lebih gagah lagi, yakinlah pada kekuatan yang sudah dititipkan kepadamu. Dan berdo’alah,

“Tuhan, aku akan tampil segagah mungkin agar Engkau tidak malu menciptakan jiwa sebaik aku…”

Sebagaimana tumbuhan yang harus dipupuk agar subur, manusia juga perlu memupuk dirinya dengan pengetahuan agar dapat diterima di ekosistem yang lebih besar.

By. Riri A

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s