Gerbang 7 Langit (2)

Mungkin diantara Anda ada yang sudah merasa paling baik dan memiliki amalan yang banyak. Namun, sepenggal kisah ini akan membuat Anda merasa perlu memperbaiki diri. Tuhan adalah Dzat yang paling dekat dengan manusia. Bahkan Dia mengetahui sampai ke lubuk yang paling dalam…

Ini adalah sambungan dari kisah penjalanan malaikat yang membawa amalan manusia hingga menerobos langit yang ketujuh. Namun, karena hal yang disepelekan manusia, amalan yang indah itu tidak ada harganya di mata Tuhan…

Gerbang 7 Langit (2)

Firman Allah:

Kalian Hafadzah, pencatat amal hambaKu, sedang Akulah yang mengintip hatinya, amal yang ini tidak karena Aku, yang dimaksud olehnya itu selain dari padaKu, tidak diikhlaskan kepadaKu. Aku lebih mengetahui dari pada kamu apa yang dimaksud olehnya dengan amalnya itu. Aku laknat mereka, menipu kepada orang lain, dan juga menipu kepadamu (Malaikat-malaikat Hafadzah). Tapi Aku ini tidak akan tertipu olehnya, Aku ini Yang Paling Tahu akan hal yang ghaib. Akulah yang melihat isinya hati, dan tidak akan samar kepadaKu setiap apapun yang samar, tidak akan tersembunyi bagiKu setiap apapun yang sembunyi. PengetahuanKu atas apa yang telah terjadi sama dengan pengetahuanKu akan apa yang bakal terjadi. PengetahuanKu atas apa yang telah lewat sama dengan pengatahuanKu kepada yang akan datang. PengetahuanKu kepada orang-orang yang terdahulu sebagaimana pengetahuanKu kepada orang-orang yang kemudian.

Aku lebih tahu atas apapun yang lebih samar daripada rahasia, bagaimana akan bisa hambaKu dengan amalnya itu menipu kepadaKu, bisa juga mereka itu menipu kepada makhluk-makhluk yang tidak tahu, sedangkan Aku ini Yang Mengetahui kepada yang ghaib.

Laknatku tetap kepadanya.

Lalu, Tujuh malaikat penjaga pintu langit beserta 3000 malaikat yang menyertai berkata:

Ya Tuhan, dengan demikian tetaplah LaknatMu dan laknat kami semua bagi mereka.

Maka, semua yang ada di langit mengucapkan:

Tetaplah laknat Allah kepadanya, dan laknatnya orang-orang yang melaknat.

Sayyidina Mu’adz (yang meriwayatkan Hadits ini) kemudian menangis terisak-isak dan berkata, “Ya Rasulullah, bagaimana aku bisa selamat dari apa yang diceritakan barusan?”, Rasul pun bersabda, “Hai Mu’adz, ikutilah Nabimu dalam soal keyakinan…”

Apa yang harus dilakukan?

Bersabda Rasulullah, Ya begitulah seandainya dalam amalmu ada kelengahan, maka tahanlah mulutmu jangan sampai menjelekkan orang lain dan juga kepada saudara-saudaramu sesama ulama. Apabila kamu hendak menjelekkan orang lain, harus ingat kepada dirimu sendiri, sebagaimana engkau tahu bahwa dirimupun penuh dengan aib-aib. Jangan membersihkan dirimu dengan menjelekkan orang lain, jangan mengangkat dirimu dengan menekan orang lain, jangan riya dengan amalmu agar amalmu itu diketahui orang lain. Janganlah termasuk orang yang mementingkan keduniaan dengan melupakan akhirat. Jangan berbisik-bisikdengan seseorang padahal disebelahmu ada orang lain yang tidak diajak berbisik. Jangan takabbur kepada orang lain, nanti akan luput bagimu kebaikan dunia dan akhirat. Dan jangan berkata kasar dalam suatu majelis dengan maksud supaya orang-orang takut akan keburukan akhlakmu itu. Jangan membangkit-bangkit apabila berbuat kebaikan. Jangan merobek-robek pribadi orang lain dengan sebab mulutmu, kelak engkau akan dirobek-robek oleh anjing-anjing jahannam.

Kemudian Mu’adz berkata, “Ya Rasulullah, siapa yang akan kuat menanggung penderitaan semacam ini (dirobek-robek anjing jahannam)?

Rasul bersabda:

Mu’adz, yang kami ceritakan tadi itu, akan mudah bagi mereka yang dimudahkan oleh Allah, cukup untuk menggalang semua itu, kamu harus menyayangi orang lain sebagaimana kamu menyayangi dirimu sendiri, dan benci bagi orang lain apa-apa yang dibenci oleg dirimu sendiri, apabila demikian, maka kamu akan selamat dan pasti dirimu akan terhindar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s