Suluh Berpendar Ceria

Tuhan telah memasang suluh dalam hati kita yang menyinarkan pengetahuan dan keindahan. Berdosalah mereka yang mematikan suluh itu dan menguburkannya kedalam abu (Kahlil Gibran)

Pagi yang penuh semangat, diawali setitik harapan untuk menjadi seseorang yang lebih baik dari kemarin. Dua pasang mata asyik memandangi cahaya matahari yang mulai berpendar. Ketakjuban menghiasi pesona kebahagiaan dalam hati saat pendaran cahaya itu mengubah warna langit menjadi setengah jingga. Bak sinar aurora, cahaya yang sedikit malu-malu itu membentuk formasi kipas mega yang indah.

Saat aku berniat memulai merajut mimpi yang telah aku siapkan benang-benangnya, nila menumpahi benang-benang putihku. Semua menjadi absurd. Tak jelas bentuknya.

Padahal buai-buai pertanda keniscayaan telah datang sejak beberapa saat yang lalu. Aku pun mulai mengukuhkan harapan tentang keniscayaan itu. Harapanku semakin besar…besar…dan lebih besar dari yang dahulu.

Apakah aku harus membuang kepercayaanku pada Ia yang menciptakan semua keniscayaan itu?

Seolah ia hanya menjanjikan kebahagiaan hakiki kepadaku. Ia memberikan apa yang aku inginkan pada orang lain, yang mungkin tidak lebih membutuhkan dari pada aku.

Apakah aku harus membenci takdir yang telah jelas terukir pada garis tanganku?

TIDAK!!

Tidak ada alasan bagiku untuk menghilangkan kepercayaanku padaNya. Semua takdir telah ditetapkan, aku hanya berhak menjalankan dengan cara yang telah Ia suratkan.

Sepenggal kalimat Kahlil Gibran itu menyentakkan kesadaranku.

Aku harus meyakini rahasia besar yang telah ia simpan untuk kebahagiaanku. Semua akan indah pada waktunya.

Aku harus berhenti berlari untuk menjadi pengikut bayangan. Setidaknya aku masih kuat berjalan menuju istana impianku…

Suluh-suluh dalam hatiku harus tetap berpendar ceria…

(By. Riri Armen)

Leave a Reply

