Arti Sebuah Kekayaan

Wahai engkau yang dilahirkan di atas ranjang kesengsaraan, diberi makan pada dada penurunan nilai, yang bermain sebagai seorang anak di rumah tirani, engkau yang memakan roti basimu dengan keluhan dan meminum air keruhmu bercampur dengan airmata yang getir….

***

Sungguh malang nasib seorang wanita tua yang masih setia dengan kotak hijau di tangannya. Tertatih-tatih menelusuri jalan komplek sambil menunjukkan wajah menghiba. Seolah ia ingin menunjukkan kelelahan hatinya. Ia hanya berani berkata, “Bu, kasihanilah saya.”

Ribuan tetes keringatnya hanya dibayar dengan sebuah koin yang jika dikumpulkan hanya mampu ditukar dengan segelas air putih. Setiap langkahnya menambah goresan-goresan yang semakin menebalkan telapak kakinya. Kaki lemahnya ditumpu dengan sebuah tongkat tua peninggalan suaminya.

Ia tidak punya rumah seindah rumahku. Ia tidak punya baju seindah bajuku. Bahkan ia tidak dapat makan dan minum semaunya sepertiku. Namun ia lebih kuat dari diriku. Aku pun tidak berani mengakui bahwa aku lebih mulia karena kekayaanku.

Ketabahan wanita tua itu melebihi kekuatanku. Semangat wanita itu melebihi gelora egoku. Kemuliaan hatinya adalah sebuah kekayaan yang sesungguhnya.

***

Saudaraku,

Engkau laksana bunga yang tumbuh dalam bayangan. Segera angin yang lembut akan bertiup dan membawa bijianmu memasuki cahaya matahari tempat mereka yang akan menjalani suatu kehidupan indah. Engkau laksana pepohonan telanjang yang rendah karena berat dan bersama salju musim dingin. Lalu musim bunga akan tiba menyelimutimu dengan dedaunan hijau dan berair banyak.Kebenaran akan mengoyak tabir airmata yang menyembunyikan senyumanmu. Saudaraku, kuucapkan selamat datang padamu dan kuanggap hina para penindasmu (Kahlil Gibran)


By. Riri Armen

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s