Maafkan Aku, Freda

Dania Ariana selalu menyesali perbuatannya yang tidak baik kepada Freda, hingga Freda dikucilkan di sekolahnya. Kebaikan Freda terhadapnya dibalasnya dengan cemoohan dan gosip jelek tentang Freda. Ibarat air susu dibalas dengan air tuba. Itulah yang menimpa Freda. Apa daya, suara yang telah dikeluarkan tidak dapat ditarik kembali.

Ria baru menyadari, kecemburuan telah merusak jiwa lembutnya yang sering rapuh. Kini, sudah 9 tahun memori pahit itu berlalu. Apakah Ria sudah meminta maaf kepada Freda?..

Nihil. Hingga kini Ria hanya menyimpan sesal. Ia tidak pernah berani mengucapkan, “Freda, aku minta maaf.” Hal itulah yang membuat Ria seperti dihantui oleh bayang-bayang perasaan bersalah. Ria pun tidak pernah berani menyapa Freda di Facebook-nya. Malah jika tidak Freda yang “add” akun Facebook-nya, Ria tidak akan berani memulai pertemanan di Facebook. Ria…, ketakutannya telah bercampur dengan rasa gengsi dan keegoisan.

***

Menyimak kisah masa lalu Ria, membuat Riri juga menyadari betapa pentingnya suatu kesabaran, kejujuran, dan keberanian dalam menjaga langgengnya persahabatan. Hubungan persahabatan itu ibarat lembaran-lembaran benang tipis. Masing-masing lembarannya adalah kasih sayang dan penghargaan yang tulus. Kurangnya kasih sayang dan penghargaan akan membuat benang itu semakin rapuh dan mudah untuk diputuskan. Kata-kata maaf yang ikhlas dibalik penyesalan akan kesalahan adalah sebuah emulsi yang menguatkan benang-benang yang rapuh itu.

Memang, tidak hanya Ria yang sulit mengucapkan kata “Maaf”, Riri pun begitu. Pawang macan bernah berkata, Aku lebih baik masuk ke kandang macan dari pada mengucapkan kata maaf.

Namun, ketulusan dan pengharapan akan keindahan suatu hubungan persahabatan dapat menampik segala keegoisan. Karena, sulitnya mengucapkan kata maaf diakibatkan oleh keegoisan. Nah, sampaikanlah permintaan maaf yang tulus jika kamu masih membutuhkan keindahan persahabatan. (By. Riri Armen)

Advertisements

2 thoughts on “Maafkan Aku, Freda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s