Diary Kemajuan

Tidak selamanya ikan kecil berenang diwadah yang kecil jika ia ingin ber-regenerasi, ikan yang kecil perlu berenang dilautan untuk merasakan kehidupan yang sesungguhnya..(By. Riri Armen)

Selamat Tahun Baru 2012

Happy New Year!!!!

Membahas tentang peristiwa “Tahun Baru” identik dengan perayaan yang dilakukan kaum muda untuk menunggu detik-detik pergantian tahun yang dianggap sebagai momen langka yang hanya datang 1 kali setahun. Setelah “Jam Gadang” berdentang pukul 00.00, kerlap-kerlip kembang api memancar menghiasi langit..Terompet mulai ditiupkan oleh massa yang merayakan..Semua berbahagia..Dan ada secercah rasa bangga dalam diri, “Aku sudah lepas dari masa lalu!!”

Bagaimana dengan masa depan?

Buku baru sudah mulai terbuka. Setiap lembaran yang kosong perlu diisi dengan Diary Kemajuan jika ingin lebih baik dari tahun sebelumnya..

Sebelum Riri menciptakan resolusi, Riri telusuri masa-masa lalu sejenak. Bagian mana yang perlu Riri benahi?

Kurangnya minat untuk memunculkan keberanian adalah salah satu masalalu yang menghantui Riri hingga sulit untuk lepas dari jurang yang menghambat kemajuan. Riri masih manja..Riri belum bisa mandiri..Riri kekanak-kanakan..Apalah!! Riri juga kurang berani menambah pertemanan baru hingga Riri perlu waktu 100 tahun untuk memikirkan akan memulai say Hi.

Nah, ini adalah saatnya Riri mulai melakukan Resolusi. Terkadang kita suka menunda hingga mendapatkan momen yang pantas. Tapi, saat ini bukanlah saat yang tepat untuk menunda lagi. Sepintas Riri teringat dengan salah satu prinsip Ekonomi yang sering di-koar-koarkan Dosen di kelas, High Risk High Return.

Besarnya usaha seiring dengan besarnya risiko. Besarnya risiko akan dikuti dengan besarnya pendapatan. Pendapatan yang dimaksud adalah tujuan hidup, Kebahagiaan..(By. Riri Armen)

Hal ini diibaratkan dengan seekor ikan yang biasa hidup dalam wadah harus berusaha keras untuk membiasakan diri beradaptasi dengan ekosistem yang lebih besar agar bisa bebas berkembang.

Dalam hal ini, Riri selalu menganggap berhadapan dengan orang baru adalah hal yang paling menakutkan dan ber-risiko. Riri merasa orang lain akan meng-acuhkan saja..Riri merasa orang lain tidak pernah peduli pada Riri..Riri lemah dalam menjalin komunikasi. Padahal komunikasi adalah hal yang paling penting dalam bidang apapun..

haha..Alasan yang konyol sekali!!

Pesan moral yang dibawakan oleh “Dale Carnegie”, membawa Riri sedikit ingin merubah sudut pandang. Dale membenarkan bahwa “Orang-orang hanya tertarik pada diri mereka sendiri, tugas kita untuk menjadi tertarik pada mereka untuk mendapatkan kawan yang banyak”..

Aduuuhh!! Berat sekali untuk mengubah sudut pandang.

Apalagi Riri tumbuh dalam budaya yang “gengsi” untuk memulai pertemanan. Riri akan dianggap hebat bila didekati oleh banyak orang, bukan karena mendekati banyak orang..Bagaimana Riri bisa menerapkan sudut pandang yang diajarkan Dale itu..

Ini adalah tantangan..Tantangan harus dipecahkan!!

Ini adalah salah satu pengisi lembaran Diary Kemajuan di 2012..

Happy New Year 2012

By. Riri Armen

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s